Tips Memilih Pompa ASI yang Bagus

Ada banyak jenis pompa ASI yang bisa dipakai oleh ibu, seperti 2 jenis yang paling banyak dipakai, yakni pompa ASI manual dan pompa ASI elektrik. Keduanya memiliki kegunaan yang sama, sedangkan yang membedakan adalah cara kerjanya saja. Untuk yang manual, ibu bisa langsung memerah dengan menggunakan pompa yang disediakan, sedang untuk yang elektrik, ada aliran elektromagnet yang akan secara otomatis memerah ASI tanpa campur tangan dari tangan ibu.

Untuk memberikan yang terbaik bagi bayi, berikut adalah tips untuk memilih pompa ASI terbaik yang harus dilakukan oleh ibu :

1. Teliti bahan sebelum membeli

Pompa ASI terbuat dari bahan khusus yang seharusnya aman dari bayi. Pastikan bahwa produk yang kita beli entah yang manual maupun pompa ASI elektrik terbuat dari bahan yang bebas dari Bishepanol A. Hindari memilih pompa ASI yang berbahan dasar karet. Carilah informasi terkait hal ini supaya tidak bingung saat memilih pompa ASI.

2. Lihat Bentuknya

Banyak jenis produk pompa untuk memerah ASI ini di lapangan. Bentukya bermacam-macam dengan variasi harganya juga. Untuk memilih produk pompa susu ibu ini lebih baik memilih pompa yang berbentuk silindris. Alasannya adalah lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Antara yang manual dengan yang elektrik memiliki kelebihan masing-masing. Untuk ibu yang memiliki jam kerja tinggi, akan lebih baik menggunakan pompa ASI elektrik, karena akan lebih cepat proses memompanya. Jika ibu yang full 24 jam mengurus rumah tangga, lebih baik menggunakan yang manual yang bisa sekalian sebagai olahraga tangan.

4. Pilih yang Lengkap

Pemilihan pompa ASI juga harus memperhatikan kelengkapan yang memadai. Pilih pompa yang sekalian dengan botolnya, sehingga ASI bisa langsung masuk ke dalam botol. Lebih steril dan aman..